Selasa, 16 September 2008

IT versus IS

Sistem informasi merupakan kesatuan elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk menciptakan dan membentuk aliran informasi yang akan mendukung pembuatan keputusan dan melakukan kontrol terhadap jalannya suatu organisasi/institusi. Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

Pemanfaatan sistem dan teknologi informasi tersebut mencakup 2 aktivitas yang berkaitan yaitu :

1. pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis;
2.pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar layanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat di seluruh wilayah negara.

Sebagai contoh penerapan nya :
Dimulai pada tahun 2000. Pada saat itu Kalbe Farma membangun Citrix technology untuk menunjang pengembangan aplikasi finansial untuk devisi pemasaran dan salah satu dari pabrik yang ada. Pada tahun 2001 Kalbe menggunakan Citrix untuk mengembangkan sistem ERP pada industrinya yang disebut Protean. Software ini memerlukan spesifikasi hardware dan teknologi yang sangat khusus, yang membuat Kalbe Farma harus menggantikan semua server dan PC yang sudah ada. Akan tetapi karena Kalbe Farma menggunakan Citrix® MetaFrame® Presentation Server, perusahaan dapat mempertahankan arsitektur IT yang sudah ada. Selain itu sistem juga menyediakan para karyawan dari kantor pemasaran dan pabrik di seluruh Cabang di berbagai wilayah untuk mengakses dari jauh aplikasi yang digunakan oleh perusahaan.

1 komentar:

yunika harinda mengatakan...

mu,,gambar para death notenya lucu,,btw,,inuyasanya g ada y??