Selasa, 02 Desember 2008

Executive Information System

Senior executive di seluruh organisasi memerlukan informasi untuk strategi pengambilan keputusan dan juga untuk meningkatkan kepekaan akan kualitas dari sistem informasi mereka. Kian hari semakin banyak para executive yang mengakses informasi melalui sistem informasi computer dalam sebuah organisasi
Executive information system (EIS) dalam sebuah organisasi memilikki efek yang berbeda-beda. Ada yang berhasi dan ada yang gagal dalam menerapkannya.
Kendati demikian EIS sangatlah diperlukan bagi para executive dan pemegang saham dalam perusahaan untuk mengetahui keadaan perusahan tersebut secara keseluruhan.
Terdapat banyak sistem informasi yang dapat dipergunakan seperti management system information (MIS), decicion support system (DES), executive information system (EIS), dan banyak contoh lainnya yang dapat dipergunkan. Dalam jurnal ini diadakan study mengenai empat organisasi umum yang menggunkan computer dalam pekerjaan sehari-hari mereka.

Current source of executive information
Pada tahun 90 an proses manajemen telah menjadi peka terhadap informasi. Para eksekutif menyadari bahwa konsep dari informasi sebagai sebuah bagian dari organisasi sangatlah penting. Walaupun pada saat itu mereka masih belum terbiasa dengan setting stategi seperti itu. Dari sumber informasi yang masih melauli tulisan tangan, telepon dan meeting kini dapat berganti menjadi email, video conference dan lain sebagainya yang memberikan kita kemudahan dalam berkomunikasi. Karenanya peranan komputer dalam sistem informasi sangatlah berguna.

Tidak ada komentar: